Selasa, 04 Mei 2010

ESSAY MENGENAI BLOG

Memiliki sebuah blog memiliki satu pengalaman tersendiri. Bagi saya blog merupakan sarana untuk mempublikasikan informasi penting dan pengalaman pribadi juga. Bisa dibilang blog adalah sebuah diary elektronik. Blog juga bisa sebagai sarana untuk berbisnis gratis. Mengapa demikian? Misal, kita berbisnis tas, sepatu atau baju bisa kita publikasikan melalui blog yang kita punya. Kita tidak akan terkena pajak dan biaya sewa tempat. Cukup kita pasang harga dan gambar barang yang kita jual, kita bisa meraih untung. Karena akan ada pembeli atau konsumen yang datang pada kita untuk membeli barang yang kita jual. Konsumen pun lebih banyak tertarik dengan bisnis online yang ditawarkan karena harganya lebih miring. Hal ini disebabkan oleh barang yang bebas pajak, bebas biaya reklame dan sewa tempat.
Blog dapat pula menjadi diary elektronik karena kita dapat memposting semua kehidupan pribadi kita di internet melalui blog. Tetapi jujur secara pribadi untuk fungsi yang satu ini saya tidak begitu setuju. Karena saya orang yang sangat menghargai privasi saya dan orang lain. Bayangkan saja jika kita sedang kesal terhadap seseorang, kita bisa saja memposting sebuah kalimat yang menyinggung perasaan orang yang kita benci. Hasilnya si orang merasa tersinggung dan pada akhirnya berakhir ke kepolisian seperti kasus yang terjadi di sebuah sma di luar pulau Jawa. Karena kesal terhadap seorang guru mereka memposting kekesalan mereka melalui internet. Salah satunya dengan media facebook. Walaupun bukan melalui blog tapi melalui facebook, tetap saja menurut saya sama saja, hanya dalam kemasan yang berbeda. Karena keduanya juga dapat dilihat oleh masyarakat umum bila di posting. Bahkan blog lebih parah menurut saya, karena untuk melihat postingan dari orang – orang, kita tidak perlu menjadi kawan mereka. Lebih bebas dan terbuka lagi.
Namun, ada juga postingan kehidupan pribadi menjadi hal yang menyenangkan dan tidak menimbulkan SARA. Contoh blog ini adalah blog milik Raditya Dika. Bahkan Raditya Dika bisa mendapatkan uang dari blognya. Tentunya bukan dengan dia berbisnis sepatu, baju, dll melalui blognya. Tapi dari cerita yang diposting melalui blognya. Begitu hebat dan menabjubkannya fungsi blog ini. Mulai dari cinta Brontosaurus, Kambing Jantan, Radikus Makan Kakus dan Babi Ngesot semuanya menjadi salah satu buku best seller di Indonesia. Bahkan yang lebih gila lagi, buku serinya yang berjudul Kambing Jantan berhasil difilmkan. Raditya Dika juga menjadi pembicara aktif di seminar – seminar dan bedah buku di seluruh Indonesia.
Blog juga bisa menjadi sarana edukasi seperti informasi mengenai materi kuliah, makalah – makalah, jurnal bahkan karya ilmiah pun bisa diposting disini. Saya sering melihat ada blog yang menampilkan beberapa bagian skripsi dan tesis. Tentunya bukan sebagai sarana plagiatisme, tetapi sebagai sarana referensi untuk menunjang kuliah kita. Kita bisa memposting materi kuliah kita. Seperti blog yang saya miliki saat ini, isinya berisi postingan tugas-tugas kuliah, informasi mengenai jurusan saya dan materi – materi kuliah saya.
Saya baru memiliki blog sekitar dua bulan ini. Jujur sebelumnya saya tidak mengerti apa yang dimaksud blog. Maksudnya secara fungsinya bukan apa itu blog. Jadi saya belum memiliki banyak postingan. Blog saya hanya berisikan bahan – bahan kuliah dan seputar jurusan saya saja. Belum terlalu bervariatif isinya.
Pengalaman saya menggunakan blog, saya bisa berbagi informasi penting dengan teman – teman dan masyarakat dunia mengenai informasi yang mereka butuhkan. Sangat menyenangkan bisa berbagi ilmu dengan orang – orang di seluruh dunia. Begitupun mereka, saya rasa karena bisa terbantu melalui blog saya dalam memecahkan masalah mereka. Saya memiliki dua buah blog yaitu blog ub dan blogspot. Isi kedua blog ini sama – sama berisi tentang mata kuliah hubungan internasional. Tentang tugas – tugas yang diberikan dosen saya, saya masukan ke dalam blog saya. Selain tugas kuliah, saya juga memasukan informasi tentang wisata kuliner dari kota tempat saya berasal. Karena saya adalah penggemar kuliner, maka saya membagi info kuliner bagi para penggemar kuliner melalui blog saya ini.
Blog memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya adalah kita bisa mendadapat dan bertukar informasi penting mengenai perkembangan IPTEK ,dsb, kita juga bisa mengembangkan bisnis kita, berbagi informasi mengenai pengalaman – pengalaman unik dalam hidup kita, sebagai sarana edukatif bagi masyarakat dunia, blog juga dapat membuat kita semakin pintar dengan berbagai informasi yang didapat di dalamnya.
Blog juga memiliki sisi negatif. Terlalu banyak memposting kehidupan pribadi membuat privasi terganggu dan kita juga bisa mengetahui kehidupan pribadi seseorang terlalu dalam, bila postingan terlalu memojokan pihak – pihak tertentu membuat pertikaian pada akhirnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top