Jumat, 26 Maret 2010

Zakayev: Konflik Chechnya Butuh Bantuan Dunia Internasional

Salah seorang pemimpin gerilyawan Chechnya Akhmad Zakayev mengatakan, satu-satunya cara menghentikan konflik antara Rusia dan Chechnya adalah dengan bantuan masyarakat internasional. Ini disampaikannya menyusul pembunuhan pemimpin tertinggal pejuang Chechnya Aslan Maskhadov oleh pasukan khusus Rusia.
Sebelumnya, kelompok perlawanan Chechnya bersumpah akan melanjutkan perjuangan mereka meski tanpa Maskhadov. Pejabat Rusia mengumumkan, Maskhadov tewas dalam sebuah operasi khusus di Kota Tolstoy Yurt. Aslan Mashkadov adalah orang yang paling diburu pemerintah Rusia dan bagi yang menangkapnya hidup atau mati diberikan hadiah US$ 10 juta.
Konflik Chechnya: puluhan ribu orang tewas dan ratusan ribu menjadi tuna wisma dalam koflik satu-dasawarsa di republik yang ingin memisahkan diri dari Rusia itu. Menurut sejumlah dokter, sebanyak 80 persen anak-anak menderita trauma.
Menyikapi hal tersebut, Uni Eropa mendesak pemerintah Rusia menjelaskan alasan pembunuhan Maskhadov. Uni Eropa, yang sering mengkritik cara Moskow menangani gejolak di Chechnya mengulangi lagi seruannya agar pertikaian di wilayah itu diselesaikan secara damai. (lpt/tut)

0 komentar:

Poskan Komentar

Previous Post Next Post Back to Top